Visi

“Menjadi komunitas belajar unggul
berpedoman pada standar nasional, berorientasi
global, yang menghayati nilai-nilai kasih, taat,
kerjasama, dan disiplin.”

Kosayu merupakan komunitas belajar unggul. Komunitas belajar dipahami sebagai suatu konsep terciptanya masyarakat pembelajar di sekolah, yakni proses belajar antara guru dengan guru, guru dengan siswa, siswa dengan siswa, bahkan antara masyarakat sekolah dengan masyarakat di luar sekolah. Unggul berarti memiliki nilai lebih dan nilai tambah.

Kosayu berpedoman pada standar nasional. Kaidah dan aturan yang dilaksanakan oleh Yayasan Kosayu berpedoman pada standar yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kosayu berorientasi global, Kosayu melihat dan menyadari perkembangannya di tengah-tengah dunia. Dengan terlampauinya batas-batas primordial, Kosayu memandang dunia secara utuh. Kosayu tidak sekedar hadir, namun menjadi penyumbang serta ambil bagian dalam perkembangan dunia, melalui lingkungan yang terdekat.

Kosayu menghayati nilai kasih. Kristus adalah guru utama sehingga Kosayu menghayati nilai kasih yang bersumber pada kasih Kristus. Pada dasarnya, kasih ada di hati setiap orang, namun menjadi kabur ketika ambisi dan kosombongan menguasai diri. Kasih menjadi kekuatan Kosayu dalam bekerjasama dan mencapai cita-cita.

Kosayu menghayati nilai taat seperti Santo Yusup yang taat pada rencana dan kehendak Allah. Ketaatan bersumber pada ketulusan hati, bukan karena rasa takut. Ketaatan menunjukkan kerendahan hati dan sikap hormat. Sebagai komunitas, Kosayu memandang ketaatan sebagai kebajikan moral untuk secara tulus patuh kepada pihak yang memiliki otoritas lebih tinggi.

Kosayu menghayati nilai kerja sama sebagai kekuatan komunitas dalam mencapai tujuan dan cita-cita bersama. Nilai kerja sama menyadarkan bahwa kompetisi atau persaingan tidak boleh menjadi penghalang dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama, namun justru sebagai pendorong untuk saling mendukung sesuai dengan kekhasan masing-masing.

Kosayu menghayati nilai disiplin sebagai proses belajar yang terus menerus dan konsisten. Dengan nilai disiplin, Kosayu mewujudkan keadaan yang tertib, sesuai aturan yang berlaku.

Misi

“Mewujudkan pendidikan kaum muda
Indonesia seutuhnya melalui keunggulan
akademik, kecakapan hidup, dan keterbukaan.”

Kaum muda merupakan manusia yang sangat terbuka terhadap segala nilai. Kosayu mengarahkan kaum muda dan mendidik mereka secara menyeluruh meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam relasi dengan lingkungan dan Tuhan.

Keunggulan akademik tidak sekedar mengejar nilai akademik, tetapi menumbuhkan cinta akan ilmu pengetahuan sehingga tumbuh inovasi, kreasi, dan pembaharuan, baik dalam hidup maupun ilmu itu sendiri.

Kecakapan hidup merupakan keterampilan atau kemampuan untuk dapat beradaptasi dan berperilaku positif, yang memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam kehidupan secara lebih efektif. Kecakapan hidup mencakup lima jenis, yaitu: kecakapan mengenal diri, kecakapan berpikir, kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan kejuruan (WHO, 1997)

Keterbukaan adalah sikap bersedia menerima perubahan atas perkembangan dan kemajuan zaman, tanpa kehilangan jati diri.